5 Cara Ampuh Belajar Untuk UN & USBN

Share:
5 Cara Ampuh Untuk Belajar UN & USBN

Ujian Nasional disebut-sebut sebagai masa depan'nya seorang pelajar. Kenapa bisa begitu? Karena UN akan menentukan lulus atau tidaknya seorang pelajar menuju ke jenjang pendidikan selanjutnya. Apakah dia akan diterima di sekolah berlabel favorit, atau hanya sebatas masuk sekolah swasta saja. Syukur-syukur kalau dia bisa masuk ke sekolah negeri, orangtua nya pasti tidak perlu repot-repot harus merogoh uang untuk SPP setiap 1 bulan sekali.

Tapi jika tidak....?

Kasihan orangtua-nya. Apalagi jika dia berasal dari kalangan bawah

Oke, mari langsung ke topik utama; 5 Cara Ampuh Belajar Untuk UN & USBN.


Dalam jangka waktu 1-2 bulan menjelang UN, pelajar biasanya mulai tidak percaya diri dengan kemampuan akademiknya, nanti soal nya susah gak ya? pasti terus menerus terngiang di kepala, dan ia pun terus kebingungan dalam menerapkan metode belajar yang efektif agar materi langsung masuk ke otak. Hahaha, itu wajar kok!


Lantas bagaimana saya bisa sukses UN? Apakah ada cara belajar yang efektif? Tentu saja ada. Di artikel ini kita akan membahas 5 Cara Ampuh Belajar Untuk UN & USBN. Silahkan disimak - pahami - lalu praktekan.

1. Cari Tempat Belajar Yang Sesuai dengan Gaya Belajarmu

Tempat adalah komponen penting yang harus diperhatikan saat ingin belajar, karena seberapa efektif kita dapat menerima materi dimulai dari; apakah tempatnya cocok dengan gaya belajarku?.

Selain itu, suasana dalam tempat belajar tersebut juga harus sesuai dengan kepribadian kamu. Jika kamu suka lingkungan yang tenang dan sepi, pakailah kamar sendiri. Jika kamu suka belajar secara berkelompok, pakailah perpustakaan. Jika kamu suka belajar berkelompok dengan pencahayaan redup, pakailah cafe. Jika kamu suka belajar di tempat ramai, taman-lah tempatnya. Berhubung suasana itu menjadi faktor yang cukup penting untuk membuatmu lebih fokus dalam menyerap materi, maka pilihlah tempat yang benar-benar sesuai! Jangan sampai kamu mencoba belajar di Taman, tapi kamu sendiri benci keramaian. Konyol!

2. Latihan Soal-Soal UN/USBN Tahun Sebelumnya

Ada istilah;

Bisa karena terbiasa.

Pernyataan tersebut juga berlaku ketika UN. Ketika memasuki semester genap, kita biasanya diwajibkan membeli buku Latihan Soal Ujian Nasional. Alasannya tidak lain tidak bukan agar kita terbiasa dengan gaya soal yang akan muncul di dalam UN. Selain itu, soal-soal yang muncul memiliki pola & kesamaan yang hampir mirip seperti soal UN tahun lalu. (Kamu akan menyadarinya saat melihat soal UN tahun 2016 & 2017, dimana keduanya sama-sama terdapat soal variabel yang hanya diubah koefisiennya.)


Dengan kata lain, jika kita sudah menguasai seluruh soal-soal UN tahun lalu, maka kemungkinan besar kita bisa mengerjakan soal UN dengan mudah.


3. Mulai Belajar Dari Jauh-Jauh Hari, dan Jangan Gunakan SKS!

Anggap saja point ke 3 ini adalah tips, sekaligus peringatan untuk para pelajar.

SKS (Sistem Kebut Semalam) adalah metode belajar yang mempelajari semua materi dalam satu malam. Metode belajar ini memang cukup sering dilakukan oleh para pelajar, entah apa motifnya. Entah karena
kurangnya persiapan, entah karena menganggap sepele ulangan, atau bahkan menganggap semua materi bisa dihafalkan dalam satu malam.

Benarkah itu? Fuh. Tentu saja tidak mungkin!

Memang benar bahwa metode SKS itu memiliki beberapa sisi positif, seperti memicu konsentrasi yang luar biasa tinggi, itu karena otak kita dipaksa untuk memahami banyak materi dalam waktu yang relatif singkat. Tapi kalau kita bandingkan-- sisi negatifnya justru lebih banyak. Otak akan menjadi panik karena terus diberikan memori baru dalam jumlah yang banyak dengan kurun waktu yang sangat singkat. Dan juga, metode SKS ini secara tidak langsung memaksakan tubuh untuk begadang semalaman sehingga membuat kita menjadi lelah & kurang tidur.

Padahal, tidur berfungsi untuk memulihkan konsentrasi, fokus dan kreativitas otak kita yang sudah overheat selama seharian penuh. Kalau kita tetap memaksakan belajar padahal otak sudah lelah, maka dampaknya akan kita rasakan dipagi hari-- saat ujian berlangsung:


"Duh ini jawabannya apa ya? padahal tadi malem dah dipelajarin kok."

Hal diatas memang sering terjadi terjadi kalau kita belajar dadakan atau memakai metode SKS. Itu karena belajar dadakan mengandalkan short-term memory alias ingatan jangka pendek, yang mana tidak bisa bertahan lama (Bahkan dalam beberapa jam saja sudah lupa).

Kenapa bisa cepat lupa? Alasannya, saat kita belajar dadakan-- otak kita terus dipaksa memahami/menghafal satu materi (menyeluruh) secara singkat, sembari memahami materi lainnya, itupun dilakukan dalam selisih waktu yang sebentar, sehingga membuat otak kita menjadi panik & lelah karena terus diberikan memori baru.

Bahkan menurut para dokter, jika kegiatan belajar dadakan/SKS ini terus menerus dilakukan, bisa menimbulkan kecacatan otak & kerusakan memori.

Itulah kenapa kamu harus belajar dari jauh-jauh hari. Selain mematangkan persiapan, juga untuk membuat otak tetap segar sehingga performa'nya akan maksimal saat ujian dimulai.

4. Manajemen Waktu Belajar

Salah satu kunci keberhasilan dalam menghadapi Ujian Nasional adalah mengatur jadwal belajar, misalnya kita menjadwalkan bahwa dalam 1 hari diharuskan belajar selama 3 jam, dengan mata pelajaran yang berbeda. 

Analisa waktu yang paling cocok bagi kamu untuk belajar, entah pagi hari, siang hari, atau malam hari- lalu tentukanlah berapa lama durasi belajar tersebut. Gunakan waktu tersebut untuk menghafal, berlatih soal, dan mengevaluasi kelemahanmu dalam materi.
Tapi ingatlah ini, jangan memaksakan diri! Jika batas kamu hanya 2 jam, maka lakukan selama 2 jam saja. Jangan memaksakan otak bekerja melebihi batasannya. Buruk!

Gunakanlah hari Minggu sebagai break. Manfaatkanlah waktu tersebut untuk mengakrabkan diri dengan keluarga, hang out bersama teman, menuangkan hobi, atau kegiatan positif lainnya. Hal tersebut berguna untuk refreshing otak, serta menjaga performa otak tetap stabil, karena belajar setiap hari pasti akan membuat kamu kelelahan.

5. Konsisten

Kunci utama dalam kesuksesan adalah konsisten. Demi mencapai tujuan yang besar dibutuhkan pula perjuangan serta kerja keras yang sama besar, tapi bekerja keras tanpa didukung dengan konsistensi pasti akan selalu putus ditengah jalan dan membuat diri kita rugi, baik rugi materi maupun rugi waktu.

Begitu pula dengan sukses UN. Agar kita bisa sukses dalam menghadapi UN, kita memerlukan konsistensi belajar yang tinggi. Bagaimana nantinya bila kita sudah susah-susah mempraktekan cara belajar yang paling efektif, tapi hanya 1x coba dan dihentikan ditengah jalan? Pastinya akan menjadi bad ending untuk diri kita sendiri.

Maka dari itu, belajarlah secara teratur, disiplin dan konsisten. Sebisa mungkin singkirkanlah semua gangguan yang terjadi pada saat 'jadwal belajar'. Tanamkanlah kata-kata "Saya akan mendapatkan NEM terbaik di sekolah ini!" dipikiranmu agar menambah rasa semangat dalam diri kamu.


Penutup

Hal yang harus dilakukan setelah membaca artikel ini adalah; bekerja keras, optimis, dan terus berdoa. Teruslah berpikir optimis bahwa kamu akan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan, karena usaha tidak akan pernah menghianati hasil, sekalipun tidak pernah.
Saya doakan diri kamu agar menjadi yang terbaik :) Selamat jumpa di artikel selanjutnya.

No comments