Apa Yang Dimaksud Dengan "Tahun Cahaya" Itu?

Share:
Alam Semesta itu sangat luas, luas sekali, lebih luas dari yang anda bayangkan.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya "Alam semesta ini seluas dan sebesar apa sih?".

Sayangnya, itu merupakan pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan sains. Alasannya mudah, yaitu keterbatasan.

Apakah alam semesta ini mempunyai ujung? Apakah alam semesta ini mempunyai bentuk? Sayang sekali belum ada yang bisa menjawabnya.


Galaksi
Galaksi Bimasakti
Kenyataannya.. tahun cahaya itu bukanlah satuan waktu, melainkan satuan jarak. sama seperti kilometer, centimeter, dan meter.

Lalu kenapa para astronom memakai "Tahun Cahaya" untuk menghitung jarak antarplanet, antargalaksi dan antarbintang? Mengapa mereka tidak menggunakan satuan kilometer untuk menghitungnya?

Jawabannya adalah satuannya terlalu banyak...


1 Tahun Cahaya= 9.422.760.000.000 km

Begini, apakah kamu tahu jarak dari Matahari ke bintang terdekat Proxima Centauri?

Jaraknya sekitar 4,2 LY (Tahun Cahaya) dari bumi, Atau setara dengan 39.575.592.000.000 km. 
Dan jarak dari galaksi kita ke Andromeda adalah 2,5 Juta Tahun Cahaya, setara dengan 2.4 x 101'9 km
atau 21.000.000.000.000.000.000 km. 

Bagaimana cara kita menyebut angka yang memiliki nilai melebihi triliun? Pastinya akan sulit.


Jadi, Apa itu Tahun Cahaya?

Tahun Cahaya adalah satuan panjang yang didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun melewati ruang hampa. Para Astronom biasa memakai satuan tahun cahaya ketika akan mempublikasikan hasil observasi tentang jarak antarplanet, antarbintang, atau antargalaksi'nya ke publik.

1 Detik Cahaya = 300.000 km

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Astronom menggunakan tahun cahaya sebagai satuan jarak saat menghitung jarak dari bumi ke berbagai macam benda-benda langit (bintang, galaksi, planet).

Nah, bintang yang bisa kita lihat pada malam hari itu bukanlah sebuah bentuk asli, melainkan hanya cahaya dari bintang itu sendiri.

Mari kita lihat pusat tata surya kita, matahari. Matahari berjarak 0.00001581 Tahun Cahaya atau setara dengan 149.597.870.700 km. Dan waktu yang diperlukan oleh cahaya matahari untuk sampai ke bumi hanyalah 8 menit.

Artinya, apabila matahari hancur berkeping-keping, kita baru akan melihatnya dalam 8 menit setelahya!
Ada juga galaksi yang berjarak jutaan tahun cahaya, yang berarti cahaya yang kita lihat di langit adalah cahaya jutaan tahun lalu.


Kesimpulan

Karena jarak antara benda langit itu sangat-sangat jauh, maka dari itu dibuat satuan waktu tahun cahaya. Tahun Cahaya juga biasa digunakan para Astronom, agar memudahkan mereka saat menulis hasil pengamatan mereka kepada publik.

Semoga bermanfaat.

No comments