4 Cara Agar Belajar Menjadi Lebih Fokus

Share:
Cara Fokus Belajar

Sudah nyaris akhir tahun, pastinya semua sekolah dan kursus sudah mulai mengadakan ujian-ujian yang berfungsi sebagai Mengasah Kemampuan Siswa, seperti UAS (Ulangan Akhir Semester), TryOut, dan lain lain.

Para siswa dan siswi pastinya akan belajar sekeras-keras nya untuk mendapat hasil yang maksimal,


Yah.. mungkin kalian mengira kalau "Belajar" itu hanya sekedar membaca buku pelajaran.. tapi tentu saja bukan.

Yang dinamakan "Belajar" itu adalah mendapat ilmu dari sumber manapun dan akhirnya ilmu tersebut menempel di otak.

Tapi ironisnya, siswa yang rajin belajar-pun tetap kesusahan saat menghafal karena ia memang tidak tahu cara agar bisa fokus saat belajar..

Oleh karena itulah, saya membuat 4 Cara Agar Belajar Menjadi Lebih Fokus



1. Matikan Seluruh Gadget Kamu.

Menurut saya, inilah point penting dalam belajar. Selalu pastikan kamu mematikan seluruh gadget yang kamu pakai sebelum memulai belajar (HP, Komputer, Laptop).

Aktivitas multitasking belajar sambil main gadget itu sangat-sangat tidak efektif, pasalnya.. otak kita akan dipaksa melakukan 2 aktivitas yang melelahkan. Akibatnya, fokus dan konsentrasi mu saat belajar akan hilang.


2. Sediakan Cemilan dan Air Putih.

Ketika sedang belajar, otak akan terus bekerja & dipacu untuk terus fokus pada materi yang sedang kalian pelajari. Nah, kalau otak kamu terus dipaksa untuk melakukan aktivitas yang boring ini, kalian akan menjadi mengantuk dan akhirnya tidak bisa fokus.

Tapi jangan salah sangka ya.. bukan berarti semua cemilan/snack cocok untuk dimakan saat sedang belajar. Saya sangat menyarankan sediakan cemilan seperti Coklat dan Permen Karet karena berfungsi mempercepat detak jantung dan kamu pasti akan lebih fokus belajar

Dan juga, hindari memakan cemilan yang berkalori tinggi & berjumlah banyak. Karena bisa saja kamu malah mengantuk karena kekenyangan. dan Air Putih juga berfungsi menambah energi tubuh karena telah melakukan abktivitas yang cukup melelahkan.


3. Dengarkan Musik.

Ternyata menurut pada Peneliti, mendengarkan musik sambil belajar itu bisa membuatmu lebih berkonsentrasi dan mudah menerima materi loh!

Eitss.. jangan salah sangka dulu ya! bukan berarti semua jenis musik itu dapat meningkatkan konsentrasi belajar-mu.

Dengarkanlah musik yang tidak memiliki lirik (Instrumen, Klasik, DJ) dan lain-lain. Dan juga kamu harus hindari mendengarkan musik yang memiliki lirik (Hiphop, dsb) karena dapat dipastikan kalau konsentrasi & fokus-mu akan teralihkan kepada lirik lagu tersebut.


4. Sisipkan Waktu Istirahat/Break.

Otak kita pastinya akan jenuh bila kita terus belajar 2 jam non-stop, dan sudah pasti kita tidak akan bisa fokus lagi dalam menerima materi.

Jadi alangkah baiknya jika sudah belajar selama 45 menit, disisipkan dengan break selama 15 menit. Dan diusahakan kurun waktu break tidak boleh lebih dari 15 menit.

2 comments: